Waspada Deep Fake, Bisa Jadi Sarana Baru Hoaks dan Ujaran Kebencian

Waspada Deep Fake, Bisa Jadi Sarana Baru Hoaks dan Ujaran Kebencian

Ketua mpr bambang soesatyo atau bamsoet menyongsong hangat pengurusan reporter koordinatoriat mpr/dpr/dpd ri (press room parlemen) masa 2020-2022 yang dipegang ketua marlen erikson sitompul. Sekretaris jenderal ariawan dan bendahara kiswondari. Dianya ikut memberikan dukungan program kerja pengurus dalam memasifkan sertifikasi kompentensi reporter untuk beberapa wartawan yang bekerja di komplek parlemen.

 

“mpr ri siap memberikan fasilitas anggota press room parlemen untuk mengikut ujian kapabilitas reporter. Hingga mereka dapat makin tingkatkan kekuatan dianya di bagian publisistik. Ujian kapabilitas ini sama ketentuan dewan jurnalis nomor 01/ketentuan-dp/x/2018 mengenai standard kapabilitas reporter. Yang keliru satu maksudnya untuk jaga kehormatan karier reporter.” tutur bamsoet waktu terima pengurus reporter koordinatoriat mpr/dpr/dpd ri (press room parlemen) masa 2020-2022. Di ruangan kerja ketua mpr ri. Senin (16/11/2020).

Pengurus press room yang datang diantaranya ketua marlen erikson sitompul. Sekjen ariawan. Wasekjen johan oktavianus tallo. Bendahara kiswondari. Wabendum poppy rahmawati. Wakil ketua i charlie lopulua. Dan Wakil ketua ii carlos kartika yudha paath. Wakil ketua iii farid kusuma. Wakil ketua iv chaerul umam. Lalu Wakil ketua v mahedra dewa nata. Dan wakil ketua vi mokhamad munib.

Ketua dpr ri ke-20 ini mengingati anggota press room parlemen waspada ‘deep fake’. Yang sekarang sedang menggelisahkan amerika serikat dan bermacam negara yang lain. Yaitu berbentuk eksperimen video seperti seorang yang dibikin memakai artificial intelligence.

Deep fake dapat menunjukkan video seolah bekas presiden barack obama sedang menjelaskan suatu hal ke rakyat amerika. Dengan gerak bibir yang hampir prima. Walau sebenarnya. ‘Orang’ dalam video itu bukan obama. Bukan dimainkan oleh seorang yang serupa obama. ‘Orang’ dalam video itu dibikin memakai artificial intelligence.

“deep fake menjadi fasilitas baru meningkatkan hoax dan hate speech. Hingga dapat membuat ketidaktahuan dalam masyarakat. Bahkan juga pada rasio yang semakin besar. Dapat membuat pemecahan dalam masyarakat. Di antara salah dan benar. Di antara bukti dan ilusi. Jadi benar-benar tipis sekali bedanya. Sekarang ini amerika serikat dan bermacam negara maju yang lain sedang disibukan dengan deep fake. Tidak tutup peluang dalam kurun waktu dekat indonesia hadapi permasalahan sama.” pungkas bamsoet.

Kepala tubuh bela negara fkppi yang bekas reporter ini mengutamakan. Disini letak keutamaan kedatangan mass media selaku tempat referensi khusus warga dalam mendapatkan info. Supaya mass media dapat menyediakan info faktual yang sama bukti. Perlu reporter andal yang mempunyai kapabilitas.

“reporter harus dapat cari dan mempelajari satu peristiwa secara jeli. Dapat pisahkan di antara bukti dengan hoaks. Atau di antara hate speech dengan pendapat. Hingga info yang dihidangkan ke warga tidak bias. Dengan begitu. Ketika warga memperoleh info lewat sosial media atau fasilitas yang lain. Mereka dapat mengkroscek kebenarannya ke mass media.” tandas bamsoet.

Bambang soesatyo atau bamsoet dipilih jadi ketua mpr masa 2019-2024. Dia diketahui punyai hoby koleksi mobil eksklusif.

 

error: Content is protected !!