Kurangi Pasukan AS di Afghanistan-Irak, Donald Trump Pulangkan Medio Januari 2021

Kurangi Pasukan AS di Afghanistan-Irak, Donald Trump Pulangkan Medio Januari 2021

Presiden donald trump akan secara tajam kurangi jumlah pasukan as di afghanistan dari 4.500 jadi 2.500 pada tengah januari. Ini dipublikasikan oleh pentagon pada selasa 17 november 2020. Hentikan penarikan penuh dari perang paling panjang amerika.

 

Keputusan trump untuk batasi dianya pada penarikan partial pertamanya kali disampaikan oleh reuters di hari senin. Dan memacu peringatan dari beberapa senior partai republik yang cemas jika hal tersebut akan menghancurkan keamanan dan perbincangan nyaman yang ringkih dengan taliban. Begitu seperti merilis kanal news asia. Rabu (18/11/2020).

Penjabat menteri pertahanan christopher miller. Yang dipilih trump minggu kemarin sesudah mendadak melepas mark esper. Mengonfirmasi penarikan pasukan afghanistan dan merinci penarikan pasukan as dari irak yang akan kurangi jumlah pasukan di situ dari 3.000 jadi 2.500.

“pada 15 januari 2021. Pasukan kami. Jumlah mereka di afghanistan. Bisa menjadi 2.500 tentara. Jumlah pasukan kami di irak akan jadi 2.500 pada tanggal yang serupa.” kata miller ke reporter.

“ini stabil dengan gagasan dan arah vital kami yang sudah diputuskan. Disokong oleh rakyat amerika. Dan berbeda dengan perombakan dalam peraturan atau arah as.”

Sesaat selanjutnya. Pejabat partai republik di senat. Pimpinan sebagian besar mitch mcconnell. Mengingatkan pada tiap perombakan besar dalam pertahanan atau peraturan luar negeri as dalam beberapa waktu kedepan – terhitung penarikan pasukan yang mencolok di afghanistan dan irak.

“benar-benar utama di sini dalam beberapa waktu kedepan tidak untuk lakukan perombakan apa saja yang mengguncangkan dalam soal pertahanan atau peraturan luar negeri.” kata mcconnell ke reporter.

Trump akan tinggalkan kedudukannya pada 20 januari sesudah kalah dalam pilpres bulan ini dari demokrat joe biden. Ia sudah ajukan rintangan hukum untuk perhitungan suara di sejumlah negara sisi yang menurut dia nakal. Tapi beberapa pakar hukum memberikannya sedikit kesempatan untuk sukses.

Pejabat republik di komite angkatan membawa senjata dewan perwakilan rakyat. Rep. Mac thornberry mencela pemangkasan pasukan selaku satu “kekeliruan.”

“pengurangan selanjutnya di afghanistan akan lemahkan perundingan di sana; taliban tidak lakukan apa saja – tidak penuhi persyaratan – yang akan benarkan pemangkasan ini.” kata thornberry.

Beberapa petinggi as dan afghanistan mengingatkan tingkat kekerasan yang menggelisahkan oleh gerilyawan taliban dan jalinan taliban yang terus-terusan dengan al qaeda.

Jalinan itu yang memacu interferensi militer as pada 2001 susul gempuran al qaeda 11 september di amerika serikat. Beberapa ribu tentara amerika dan sekutunya meninggal dalam pertarungan di afghanistan.

Saat itu. Petinggi militer as sudah menekan trump untuk menjaga jumlah pasukan as di seputar 4.500 untuk sekarang ini.

Tapi penarikan itu stop saat sebelum janjinya pada 7 oktober. Saat trump menjelaskan di twitter: “kita harus mempunyai tersisa jumlah kecil dari pria dan wanita berani yang layani di afghanistan saat sebelum natal!”

Rick olson. Bekas utusan spesial as untuk afghanistan dan pakistan. Menjelaskan jika 2.500 tentara yang masih ada masih memberikan amerika serikat dampak dalam memajukan proses perdamaian. Tapi “semakin lebih baik biarkan mereka pada angka 4.500.”

“0 akan betul-betul menakutkan. Sesaat 2.500 kemungkinan baik saja. Tapi itu kemungkinan tidak begitu konstan.” ucapnya.

“saya akan menjelaskan 2.500 kemungkinan konstan sepanjang perdamaian as-taliban berlaku. Tetapi itu kemungkinan tidak muncul karena taliban belum lakukan pengurangan kekerasan. Sama seperti yang mereka kerjakan. ”

Ronald neumann. Bekas dubes as untuk kabul. Mengingatkan jika “bila kami tarik diri bisa lebih cepat dari agenda penarikan. Tidak ada stimulan untuk taliban untuk bertransaksi.”

Penarikan itu bisa memberikan biden rangkaian rintangan baru saat ia memegang pada 20 januari.

Militan taliban. Yang berperang menantang pemerintahan yang disokong as di kabul. Sudah minta amerika serikat untuk selalu berdasar pada kesepakatan bulan februari lalu dengan pemerintah trump untuk tarik pasukan as pada mei. Dengan runduk pada agunan keamanan spesifik.

Kekerasan sudah bertambah di semua afghanistan. Dengan taliban menyerbu ibukota propinsi. Dalam beberapa masalah yang memacu gempuran udara as.

Parlemen iran tinggal ruu genting yang mengatakan pasukan militer amerika serikat dan pentagon selaku organisasi teroris. Ini ialah reaksi atas pembunuhan jendral soleimani yang dikerjakan oleh pemerintah as.

 

error: Content is protected !!