Dukung Atlet Lolos Olimpiade Tokyo 2021, ISSI Berencana Gelar 4 Event BMX di Banyuwangi

Dukung Atlet Lolos Olimpiade Tokyo 2021, ISSI Berencana Gelar 4 Event BMX di Banyuwangi

Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) merencanakan mengadakan kejuaraan BMX di Banyuwangi di tahun 2021 kedepan. Banyuwangi jadi calon kuat tuan-rumah empat moment besar berskala internasional yang direncanakan diadakan April tahun depannya.

 

Karena itu, PB ISSI minta suport pemda dan masyarakat Banyuwangi. Karena, moment ini penting untuk kebutuhan “merah putih”, persisnya untuk memburu point supaya olahragawan BMX Indonesia lolos persaingan di arena Olimpiade Tokyo 2021.

“Kami sudah berjumpa Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari dan beliau mengutarakan gagasannya untuk mengadakan kejuaraan di Banyuwangi. Kami sedia memberikan dukungan, apa lagi ini untuk kebutuhan bangsa,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi.

Saat itu, Raja Sapta menguraikan empat kejuaraan BMX yang gagasan akan diadakan di Banyuwangi ialah BMX Hors Class (kelas paling tinggi pada persaingan BMX), National Championship (kejurnas), dan 2x kejuaraan kelas C1 race.

“Aktivitas ini memberi peluang ke atlet-atlet kita untuk memburu point ke arah Olimpiade 2021. Daripada kita kirim ke luar, lebih bagus kita membuat kejuaraan sendiri di Indonesia. Atlet-atlet kita dapat memburu point di sini,” kata Raja Sapta.

Menurut Raja Sapta, kejuaraan internasional, terutamanya hors class ini, pasti mendapatkan perhatian dari olahragawan luar negeri yang lain. Ingat mereka perlu tambahan point supaya bisa bersaing di Tokyo.

“Saya percaya diri olahragawan luar negeri juga bisa banyak yang turut bersaing di sini. Mereka punyai kebutuhan yang serupa untuk menambahkan pointnya supaya lolos bertanding di Olimpiade,” paparnya.

Raja Sapta akui, semenjak awalnya faksinya sudah mendaftar Banyuwangi menjadi tuan-rumah aktivitas itu. Menurut dia, Banyuwangi cukup pantas. Kecuali mempunyai track BMX berstandar UCI pertama di Indonesia, Banyuwangi sudah eksper mengadakan bermacam moment olah raga kelas dunia.

Dari sisi BMX, Banyuwangi teratur mengadakan kejuaraan balap sepeda yang masuk jadwal UCI, yaitu Internasional BMX dan Tur de Banyuwangi Ijen.

“Banyuwangi ialah kabupatennya PB ISSI, banyak moment sepeda diadakan di sini. Kami benar-benar mengharap supaya kejuaraan BMX ini dapat dikerjakan di Banyuwangi. Karena itu, kami bekerjasama dan meminta izin ke Pak Bupati. Semoga gagasan kami mendapatkan suport dari pemerintahan atau warga Banyuwangi,” kata Raja Sapta.

error: Content is protected !!